4 Tanda Alergi Gluten

Posted by Ladanglimastore 27/03/2021 0 Comment(s) Berita Ladang Lima,

"Tiap makan kue, roti, atau pizza kok aku ngerasa begah ya? Padahal dulu tubuhku gak ada reaksi apapun."

Hmmm, pernah ngerasa seperti itu gak? Kalau iya, fix kamu intoleran terhadap Gluten. Tapi, kalau mengalami gangguan pada sistem saraf pusat, dan hormon gak seimbang setelah mengonsumsi makanan berbahan terigu, gimana dong? Itu salah satu efek alergi Gluten. Gak banyak orang yang sadar, kalau sebenarnya tubuhnya intoleran atau alergi dengan Gluten. Fyi, Gluten salah satu protein silent killer. Karena bisa menyebabkan kerusakan kronis di pencernaan tubuh secara diam-diam.

 

Apa sih bedanya Intoleransi dan Alergi terhadap makanan?

Alergi makanan adalah reaksi terhadap protein tertentu yang ada dalam makanan. Ketika alergen dicerna, sistem kekebalan mengeluarkan antibodi yang disebut Imunoglobulin e. Antibodi tersebut berfungsi menetralkan zat yang dianggap berbahaya. Reaksi tersebut bisa berupa ruam, gatal-gatal, dan masalah kulit lainnya. Biasanya, alergi sudah bawaan dari kecil. Jika tubuh mencerna protein yang menyebabkan alergi, akibatnya bisa fatal.

Intoleransi merupakan reaksi negatif, yang terjadi karena ketidakmampuan tubuh dalam mencerna makanan tertentu. Intoleransi tidak ada kaitannya dengan antibodi. Reaksi yang ditimbulkan hampir sama dengan Alergi, hanya saja tingkat keparahannya tergantung jumlah yang dicerna. Gejala Intoleransi biasanya muncul, ketika sering mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah banyak.

 

Apa itu Alergi Gluten?

Alergi Gluten adalah kondisi di mana tubuh seseorang bereaksi negatif setelah mengonsumsi makanan mengandung protein Gluten. Utamanya, protein Gluten sebagai bahan dasar pembuatan roti. Menurut World Journal of Gastroenterol, Gluten terdiri dari 90% protein, 8% lemak, dan 2% karbohidrat.

Gluten bisa menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu. Penyebabnya dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang sensitif mendeteksi gluten. Salah satunya, penderita autoimun yang langsung memberikan respon akibat alergi Gluten.

 

Gejala Sederhana Alergi Gluten

  • Perut Kembung
  • Pegal-pegal
  • Pusing
  • Jerawat

Makanan yang mengandung gluten sifatnya berbahaya jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Soalnya, gluten merupakan protein yang bersifat mengikat. Sehingga menyebabkan usus kesusahan untuk mencerna. Nah, mulai sekarang yuk ganti olahan tepung terigu dengan menggunakan Tepung Gluten Free. Misalnya, Tepung Singkong Gluten Free Ladang Lima yang memiliki kandungan vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Asik, gak perlu khawatir lagi makan roti tiap hari.

 

Source:

Journals Elsevier/World Journal of Gastroenterol

Leave a Comment